article-image

Sumber Gambar: Daniel Fazio on Unsplash

Garut merupakan salah satu bagian dari wilayah Jawa Barat, memiliki banyak sekali potensi dalam bidang pertanian. Iklim yang cocok untuk budidaya tanaman sayuran, bunga, buah, palawija, dan padi menjadikan Garut sebagai salah satu daerah penghasil sector pangan terbaik. Hasil buah yang melimpah dapat dijasikan keripik buah dengan cara di potong tipis, dijemur dan digoreng serta melewati beberapa tahap lainnya sehingga menjadi keripik yang enak dan lezat. Selain keripik buah, ada juga kue kopi dan yang menjadi trand center garut adalah dodol. Dodol yang berbahan dasar nanas ataupun santan dengan campuran tepung menjadi ciri khas oleh-oleh dari Garut, semua itu merupakan hasil olahan dari bidang pertanian.
Selain tanaman yang dapat dikonsumsi, daerah Garut pun memiliki potensi dalam bidang agrowisata. Agrowisata yang sedang dikembangkan yaitu wisata petik langsung jeruk dikebun yang berada diwilayah Cikajang, pembenihan ketang di Kecamatan Cisurupan, tanaman hias di Kecamatan Cigedug, dan buah naga di Kecamatan Bayongbong. Selain petik langsung atau panen langsung oleh pengunjung, ada juga edukasi pertaniannya, yaitu menanam tanaman hias atau buah naga bagi kaum milenial. Dinas Pertanian Garut sangat mendukung dalam perkembangan agrowisata di daerah setempat, salah satunya mereka memberikan pedoman, membantu dalam kerjasama untuk pengembangan benih dari Jepang. Terdapat pula sebuah komunitas atau kelompok petani yang selalu sharing tentang pertanian dengan anak muda untuk mengembangkan potensi pertanian lebih maju lagi kedepannya.

Sumber : https://www.galamedianews.com/?arsip=245045&judul=empat-agrowisata-di-garut-dapat-menjadi-percontohan-di-indonesiaq https://agromaret.com/2017/10/aneka-contoh-olahan-hasil-pertanian

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang